January 28, 2023

Survei Poltracking : Tingkat Kepuasan Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 73,2 Persen

Jakarta, suluthebat.com- Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin menglami tren kenaikan sebesar 73 persen.

Demikian hail survei terbaru Poltracking Indonesia yang dirilis, Kamis (8/12/2022) hari ini.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan sebanyak 73,7% responden merasa puas, sedangkan 18,3% menyatakan tidak puas. Sisanya mengaku tidak tahu sebanyak 8%.

“Evaluasi kinerja pemerintahan presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang kita ukur pertama adalah tingkat kepercayaan, ini standarnya tingkat kepercayaan terhadap pemerintahan adalah 73,7 persen,” ujar Hanta Yuda.

Kemudian survei didalami dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf. Dari indikator itu didapat tingkat kepuasan kinerja Jokowi-Ma’ruf sebesar 73,2%, sedangkan 19% mengaku tidak puas, sementara tidak tahu 7,8%.

“Kemudian kita bergeser pada pendalaman tingkat kepuasan. Tingkat kepercayaan terhadap pemerintahan secara keseluruhan yaitu gabungan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, sebesar 73,2 persen,” ujar Hanta Yuda.

“Dan angka ini kalo kita bandingkan dengan survei-survei kami dan beberapa lembaga, ada tren kenaikan. Yang tidak puas 19 persen, yang tidak tahu atau tidak jawab 7,8 persen,” lanjutnya.

Tingkat kepuasan ini mengalami kenaikan dibanding survei Poltracking sebelumnya. Tren kenaikan ini terjadi sejak survei periode Mei 2022.

“Lalu kita dalami Bapak Ibu, ini trennya saya katakan tadi, kami melakukan survei itu setiap tiga bulan sekali untuk bisa dibandingkan dengan teman-teman lembaga survei lainnya, memang ada kenaikan dan ini ada fluktuasi, sempat di 67,4% (Oktober 2021) di versi Poltracking, kemudian pernah turun di 59,6% (Mei 2022) kemudian naik jadi 66,2% (Agustus 2022) dan sekarang di angka 73,2% (November 2022),” ucap Hanta Yuda.

“Jadi dari grafik tren ini, terlihat tren kepuasan kepada pemerintahan Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin trennya sedang naik menjelang pergantian tahun,” tambahnya.

Hanta Yuda menjelaskan survei dilakukan pada tanggal 21-27 November dengan total 1.220 responden.

Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak atau multistage random sampling.

Responden diwawancara secara tatap muka langsung dengan margin of error dalam survei ini +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *