December 6, 2022

Tekan Inflasi, Walkot Kotamobagu Intervensi APBD Jaga Harga Komoditi

Manado, suluthebat.com – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, mengatakan pihaknya melakukan intervensi APBD untuk menjaga harga berbagai komoditi pertanian sehingga tidak terjadi inflasi yang tinggi.

Walkot Hj.Tatong Bara menyampaikan hal ini saat menghadiri acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Sulawesi, Maluku dan Papua (GNPIP Sulampua) Tahun 2022 yang digelar Bank Indonesia (BI) di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Senin (3/10/2022).

“Pemerintah Kota Kotamobagu terus melakukan Intervensi melalui APBD, termasuk bagaimana menumbuhkembangkan pertanian yang menjadi sentra kebutuhan masyarakat, selain tentunya memastikan ketersediaan dan distribusinya,” ujar Hj.Tatong.

Hj. Tatong juga menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan dalam rangka penanggulangan inflasi tersebut.

“Kami apresiasi acara ini, ini bagian dari sebuah pertemuan yang membangun kerjasama untuk menanggulangi inflasi sekaligus program-program yang kita tindaklanjuti, yaitu program Marijo ba kobong dari Pak Gubernur juga menjadi format dalam penanggulangan inflasi,” ucapnya.

Ia menambahkan saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu, pemerintah daerah juga diminta untuk melakukan berbagai upaya dalam rangka penanggulangan inflasi.

“Pemerintah daerah ditekankan untuk mampu berada di dalam pengendalian inflasi, termasuk beberapa program yang kita lakukan, yaitu pemantauan pasar kemudian pasar murah dan seterusnya, sekaligus program yang sekarang di APBD Perubahan mengarah kepada pemberian penguatan pangan, bibit dan lain sebagainya,” jelasnya.

Pada kegiatan GNPIP Sulampua ini Walkot Kotamobagu juga menerima bantuan dari Bank Indonesia berupa 1 (satu) unit Videotron untuk data dan Informasi, sebagai upaya stabilisasi harga pangan, serta bantuan Bibit Cabai untuk Gerakan Menanam Cepat Panen Kebutuhan Rumah Tangga, yang diterima Ketua BKMT Kota Kotamobagu.

Kegiatan GNPIP Sulampua Tahun 2022 dihadiri Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E, perwakilan Gubernur Bank Indonesia, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara, dan para Bupati / Wali Kota se-Provinsi Sulawesi Utara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *