• Mon. Oct 3rd, 2022

TOLU Meriahkan Seminar Nasional LPPM UNIMA

Oct 12, 2017
Berpose bersama usai pembukaan kegiatan. Foto: Tresnawaty Olii.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Sanggar Seni Toar Lumimuut (S.S. TOLU) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Manado (UNIMA), meriahkan pembukaan seminar nasional yang digelar di Hotel Aryaduta, Kamis (12/10/2017).

Kegiatan yang di prakarsai Universitas Negeri Manado (UNIMA) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pada Masyarakat (LPPM) dihadiri berbagai utusan dari setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Yang menarik pada hajatan yang bertemakan “paradigma baru penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis kebutuhan industri”, Tolu menampilkan tarian Kawasaran yang dimainkan oleh sejumlah anggota perempuan yang tergabung dalam organisasi yang berdiri sejak 2004 silam.

Ningsi Manampiring salah satu penari Kawasaran Tolu menyampaikan rasa bangganya saat menampilkan tarian tradisi Minahasa itu.

“Ada kebanggaan tersendiri for kita saat menampilkan tu torang pe tarian Minahasa pa tamu-tamu yang hadir apalagi dorang datang dari berbagai daerah di Indonesia, jadi ini adalah salah satu cara supaya dorang tahu kalu Minahasa ada tarian perang,” ucap wanita yang berdarah Karimbow.

Selanjutnya Amelia Kaawoan berharap supaya jangan malu untuk memperkenalkan budaya dan tradisi untuk kemajuan bangsa dan negara yang lebih baik.

“Jangan malu for mo se tunjung torang pe budaya pa orang-orang. Kebudayaan itu penting untuk kemajuan bangsa Indonesia dan semoga semakin banyak yang sadar akan pentingnya berbudaya untuk masa depan,” harap penari Kawasaran dan Patokaan Tolu. (Yanli)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Alternative Text
x