December 6, 2022

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa, SMK N 6 Manado Gelar Expo Pendidikan

Manado, Suluthebat.com – Dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi para siswa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Manado mengadakan kegiatan Expo Pendidikan.

Kegiatan ini digelar di aula sekolah dan berlangsung selama 3 hari, dimulai sejak Selasa (15/11/2022) hingga Jumat (17/11/2022).

Sebanyak tujuh program keahlian yang ada di SMK N 6 Manado memanfaatkan kegiatan expo ini menjadi ajang “pamer” kreatifitas bagi seluruh siswanya. Ketujuh program keahlian tersebut ialah program keahlian layanan kesehatan, teknologi farmasi, teknologi laboratorium medik, akuntansi dan keuangan lembaga, manajemen perkantoran dan layanan bisnis, teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, serta perhotelan.

Waka Humas SMK N 6 Manado Drs. Ferry Lumenta yang ditemui diruangannya menjelaskan, tujuan dari penyelenggaraan Expo kali ini sejatinya untuk merangsang kemampuan siswa dalam berwirausaha.

“Sebenarnya Expo ini untuk memberikan ruang bagi siswa untuk menampilkan karya-karya siswa SMK N 6 Manado. Menampilkan keunggulan masing-masing program keahlian yang ada disini sambil mengajak siswa untuk berpola pikir kewirausahaan”, tukasnya.

Ferry juga menjelaskan, ini merupakan satu hal positif bagi para siswa karena dalam kegiatan expo ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk memperkenalkan produk-produk kreatifitas mereka bagi dunia usaha di sulawesi utara.

Beliaupun menambahkan, salah satu produk unggulan SMK N 6 Manado adalah jamu, yang merupakan hasil kreatifitas dari siswa-siswa program keahlian teknologi farmasi.

“Untuk jamu, saat ini sudah dikembangkan jadi beberapa varian. Kenapa dibilang unggul, karena animo masyarakat sangat tinggi. Misalnya disekolah harga minuman bersoda dengan jamu ini sudah sama, mereka lebih pilih konsumsi jamu karena lebih sehat”, jelasnya.

Sementara itu di lain tempat, Kepala Sekolah SMK N 6 Manado Altje Salele, ketika diwawancarai via whatsapp dikarenakan beliau sedang melaksanakan tugas di luar kota, kepada awak media suluthebat.com menuturkan bahwa produk-produk kreatifitas siswa SMK N 6 ini sudah banyak menarik minat masyarakat.

“Itu terlihat dari banyaknya permintaan-permintaan produk siswa kami. Perlu diketahui, sebelum diexpokan produk-produk ini sudah melalui tahapan demi tahapan. Baik dalam kegiatan praktek, lanjut dengan ujian praktek semester ganjil dan akhirnya menghasilkan produk yg diexpokan dengan tema Produksi dan jasa SMK N 6 Manado, kreatif berinovasi menghasilkan ekonomi kreatif menuju Sulut Hebat”, tandas kepsek Altje.

Lanjut kata dia, beberapa produk SMK N 6 Manado saat ini sudah dalam tahapan pengurusan izin produksi untuk dapat segera dipasarkan kepada masyarakat sulawesi utara.

Expo Pendidikan ini rencananya akan berlanjut setiap tahunnya dan menjadi agenda tahunan di SMK N 6 Manado. (Vil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *