January 29, 2023

Tunjang Program Jempol Hebat, Pemdes Malola Satu Gandeng Disdukcapil Lakukan Perekaman Data Penduduk

Minsel, Suluthebat.com – Setelah resmi kembali menjabat sebagai Hukum Tua Desa Malola Satu, Reiders Pinatik langsung menunjukan keseriusan dalam menunjang program JEMPOL HEBAT dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

Program JEMPOL HEBAT merupakan singkatan dari Jemput Bola, Hemat Waktu, Efektif Efisien, Bersih, Aktual Akuntabel, dan Transparan dalam pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, merupakan program inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Selatan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Diketahui, pekan lalu pemerintah desa Malola Satu telah mengajukan permohonan secara langsung kepada Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, terkait peningkatan ketertiban administrasi keluarga.

Alhasil, Jumat (18/11/2022), Pemkab Minsel langsung merespon permohonan tersebut dengan menerjunkan tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan untuk melakukan perekaman data penduduk, di kantor hukum tua Desa Malola Satu, Kecamatan Kumelembuai, Minahasa Selatan.

Hukum Tua Malola Satu Reiders Pinatik kepada awak media Suluthebat.com menuturkan, ini merupakan suatu kewajiban pemerintah desa dalam rangka menunjang Visi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, untuk melayani masyarakat desa dengan melaksanakan kegiatan perekaman data penduduk, dan pencetakan KTP serta pembuatan administrasi kependudukan lainnya, demi melengkapi administrasi keluarga-keluarga yang ada di Desa Malola Satu.

“Puji Tuhan, permohonan kami Pemerintah desa bisa disetujui oleh Bupati Minahasa Selatan bapak Frangky Wongkar dan dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Malola Satu” Ujar Pinatik.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat, terlihat dari antusias warga yang berbondong-bondong memadati halaman kantor Desa Malola Satu untuk melakukan perekaman data.

Salah satu tokoh pemuda Desa Malola Satu, Christian Arjen Wowor mengungkapkan kepada wartawan, ini merupakan hal yang baik bagi Desa Malola Satu. Dia pun berharap akan ada lagi program-program kegiatan dari Pemerintah Desa yang bisa mensejahterakan masyarakat.

“Semoga ini bisa membawa angin segar bagi masyarakat Malola Satu. Saya berharap kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini bisa dilaksanakan di setiap tahunnya, mengingat Hukum Tua sudah masuk pada periode yang ke-2, jadi harus menunjukkan kinerja yang memang betul-betul bermanfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya segelintir masyarakat saja” ujar salah Aktivis Universitas Negeri Manado itu. (Vil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *