December 3, 2022

Turun di Minsel, Damkar Minahasa Jinakkan Amukan si Jago Merah Pasar 54 Amurang

Para Tim Damkar Kabupaten Minahasa yang dipimpin langsung Kadis Damkar saat berada di lokasi kebakaran (foto ist)

Minsel, suluthebat.com – Kebakaran yang terjadi di Pasar 54 Amurang menghanguskan beberapa bangunan ruko, amukan api (si jago merah) dengan cepat merembet ke eberapa bangunan yang berada di lokasi kompleks Ruang Terbuka Publik (RTP) itu. Tim damkar Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) langsung turun memadamkan api.

Meski begitu, api yang begitu besar membuat petugas pemadam kebakaran minsel mengalami kesulitan saat berupaya memadamkan api dengan dibantu para warga yang berada di sekitar terjadinya kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa pun ikut ambil bagian dan langsung menurunkan Tim Personil Damkar untuk membantu dan memadamkan api saat Kebakaran di pasar 54 Amurang Minsel.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Minahasa Drs Luvie Rumate,M.Si, terpantau langsung turun di lokasi kebakaran bersama tim.

Ia mengatakan, ketika mendapat informasi Damkar langsung bergerak bersama tim ke Kabupaten Minahasa Selatan Amurang Untuk membantu memadamkan Api di pasar 54 Amurang yang terjadi sekitar pukul 23:00, Jumat (30/09/2022).

“Sebelum turun ke lokasi kebakaran, tim damkar Kabupaten Minahasa
telah mempersiapkan peralatan lengkap yang akan digunakan saat memadamkan api,” urarnya.

Dijelaskannya, tim damkar mengunakan alat pelindung diri mulai dari topi, pakaian, sepatu sampai alat bantu pernapasan (Breathing Apparatus) alat – alat ini juga memiliki peran vital saat proses pemadaman.

“Jadi, peralatan ini digunakan untuk membantu petugas pemadam kebakaran agar dapat menghirup udara bersih di tengah kepulan asap yang timbul akibat kebakaran,” pungkasnya.

Tim Damkar Minahasa akan selalu siap pembantu daerah lain bila di perlukan, selain kompak dan terus stenbay menghadapi situasi dan kondisi di lapangan damkar minahasa juga bertindak memadamkan api, baik lahan hutan, gedung dan mengevakuasi masyarakat. (**/Pro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *