• Fri. Aug 12th, 2022

Minut, suluthebat.com- Cetak sejarah, sejak berdirinya Desa Kaweruan Kecamatan Likupang Selatan pada tahun 1782, untuk pertama kalinya HUT Desa dirayakan di era kepemimpinan Hukum Tua Alfry T Natan, SH. Dan hari ini (Rabu, 3/8/2022) adakan pesta rakyat dalam rangka HUT Desa Kaweruan yang ke- 240 tahun.

Pesta rakyat tersebut dimeriahkan oleh Tari Kabasaran, Maengket, Masamper, musik kolintang, katrili dan kolaborasi musik lainnya.

Perayaan HUT Desa ini dirangkaikan dengan peresmian Kantor dan Balai Desa, oleh Camat Likupang Selatan David Talumantak, SPd

Usai ibadah syukur, Hukum Tua Desa Kaweruan Alfry T Natan, SH, secara singkat menjelaskan bahwa, atas dasar persamaan musyawarah desa antara Pemerintah Desa yakni Hukum Tua, perangkat desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat yang hadir waktu itu, menetapkan tanggal 3 Agustus sebagai HUT Desa Kaweruan.

Dimana, dalam musyawarah tersebut HUT Desa akan ditetapkan pada awal minggu bulan Agustus atau akhir minggu di bulan Agustus.

“Akhirnya sepakat HUT Desa dilaksanakan awal minggu yakni tanggal 3 Agustus. Ini nantinya akan terus berlangsung setiap tahunnya,” jelas Alfry.

Kemudian, lanjut dijelaskan Alfry, untuk penamaan Kantor dan Balai Desa sudah ada musyawarah juga dengan lembaga adat desa, sehingga diberi nama “Pawadi-Wadian” yang artinya tempat masyarakat untuk berkumpul.

Menurut Kumtua, warga yang tinggal di Desa Kaweruan ini terdiri dari 2 suku. Yaitu Suku Minahasa dan Nusa Utara.

Pada pesta rakyat hari ini, Kumtua Alfry mengimbau kepada semua masyarakat Desa Kaweruan, untuk terus memupuk rasa kebersamaan. Gotong royong yang utama. Dan jelang Hari Proklamasi RI, mari kita tumbuhkan rasa nasionalis dengan mengisi kemerdekaan sebaik mungkin.

“Mari kita rayakan HUT Desa ke-240 ini dengan penuh sukacita Iman budayakan gotong royong dari hari ini bahkan sampai seterusnya. Tuhan memberkati kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Likupang Selatan David Talumantak SPd mewakili Pemkab Minut atas nama Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin W Lotulung, memberi apresiasi dan bangga atas penyelenggaraan syukuran pada saat ini.
Untuk itu, disampaikan banyak selamat atas peresmian kantor dan balai desa serta selamat ulang tahun ke- 240 untuk desa Kaweruan.

“Saya berharap Pemerintah Desa dan masyarakat bisa menjadi teladan bagi desa-desa yang lain. Tetap pertahankan persatuan dan kesatuan serta semangat juang dalam membangun desa dengan semangat kebersamaan Inovasi dan kreasi serta kolaborasi yang baik antara Pemdes, penggerak PKK tokoh agama, tokoh masyarakat beserta seluruh masyarakat desa Kaweruan,” ucap Camat Liksel Talumantak membawakan sambutan Bupati Minut.

Diingatkan juga kepada kita semua, tetap disiplin dalam menjalankan protokol Kesehatan 5 M. karena saat ini kasus covid-19 mulai naik. Jadi semua harus waspada dan ikut serta dalam vaksinasi tahap 1 tahap 2 dan booster untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Jaga keamanan ketertiban persatuan dan kesatuan di masyarakat dalam menyambut ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang,” imbaunya.

Diakhir sambutan, Camat Liksel mengatakan, jika saat Pemkab Minut sementara merealisasikan penyaluran dana duka bagi masyarakat Minahasa Utara.

“Dana duka tersebut, masing-masing Rp3.000.000 sebagai program dari Bupati dan Wabup Minut,” tutup Talumantak.

Dan bertepatan juga hari ini, orang tua dari Kumtua Desa Kaweruan yakni Bapak Yusuf Natan berulang tahun.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kecamatan Liksel Rilly Talumantak Pangkerego, Sekcam Hizkia Rumagit bersama Ibu, Ketua TP PKK Inge Natan Lampah, Hukum Tua se-kecamatan Liksel, pihak babinsa, BPD, Perangkat Desa, seluruh masyarakat desa Kaweruan dan tamu undangan.

(Vivi)

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...