January 28, 2023

Wakapolda Sulut Dengar Langsung Aspirasi Warga Kota Bitung

Bitung, suluthebat.com- Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir menghadiri acara Bitung Baku Dapa bersama elemen masyarakat di kedai kopi resting area Pelabuhan Kota Bitung, Jumat (25/11/2022).

Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir didampingi Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan mendengar langsung aspirasi masyarakat Kota Bitung di acara tersebut.

“Kehadiran saya di sini untuk bersilaturahmi, melihat, dan ngobrol sekaligus menampung harapan, keinginan, tuntutan, aspirasi dari warga masyarakat. Mungkin ada yang kurang dari kami, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bersosialisasi dengan kawan-kawan yang ada di sini,” ujar Johnny.

Menjelang Natal 2022, Tahun Politik, Tahun Baru 2023, Johnny mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bitung untuk bersama-sama turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Mari sama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban. Bulan Desember itu mengawali juga yang namanya tahun politik karena tanggal 14 Desember nanti akan ditetapkan oleh KPU RI tentang partai politik peserta Pemilu,” jelasnya.

Johnny menambahkan mungkin setelah penetapan partai politik peserta Pemilu tersebut, akan ada beberapa partai politik yang akan deklarasi.

“Kita ini adalah bangsa yang beragam. Harapannya, kawan-kawan juga bisa melihat kalau ada yang memakai politik identitas, politik SARA, ini potensi untuk memecah belah bangsa dan negara Indonesia. Jangan cuma diam, kita yang cinta bangsa dan negara Indonesia setidaknya kita bisa bersikap dengan menolak hal-hal seperti itu,” tuturnya.

Sementara Kapolres Bitung menerangkan, acara Bitung Baku Dapa ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Jadi, kami setiap hari Jumat melaksanakan kegiatan curhat bersama dengan elemen-elemen masyarakat yang ada di Kota Bitung. Bukan hanya hari Jumat saja, hari-hari lain kita juga melakukan patroli jalan kaki dialogis sambil menanyakan keluhan-keluhan masyarakat terkait dengan kamtibmas,” terang AKBP Alam Kusuma.

Alam menambahkan acara Bitung Baku Dapa ini juga sebagai sarana sosialisasi tentang hukum maupun program-program kepolisian kepada warga masyarakat.

“Baku Dapa Bitung ini sangat penting sekali, salah satunya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan hukum. Ada penyelesaian masalah secara kekeluargaan yaitu win-win solution, tidak ada yang merugikan kedua belah pihak, dengan catatan tidak ada unsur paksaan atau tekanan,” pungkas Alam.

Kegiatan Bitung Baku Dapa ini merupakan implementasi dari program Jumat Curhat yang diinisiasi oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kegiatan serupa juga digelar di seluruh satuan wilayah jajaran Polda Sulut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *