• Fri. Aug 12th, 2022

Minut, suluthebat.com- Satpol-PP wanita pertama di Minahasa Utara maju dalam Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) desa Talawaan Bantik Kecamatan Wori, demi mendukung program JGKWL. Terlebih belum lama ini, Kabupaten Minut mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Siapa yang tak mengenal sosok Yenni Minaty Soleman (YMS). Pastinya, masyarakat Minahasa Utara dan siapa saja yang pernah berkunjung ke Kantor Bupati Minut, akan bertatap muka dengan Satpol PP perempuan bertubuh tinggi semampai dengan kulit sawo matang yang kesehariannya bertugas mengawal Bupati/Wakil Bupati pimpinan tertingginya.

Beliau mengabdi sebagai Tenaga Honorer Pemkab Minut sejak Tahun 2010. Istri dari Robby Roy Rori yang dikaruniai dua anak ini, lahir di Desa Talawaan Bantik 27 Mei 1985, tidak kenal lelah mengabdi untuk Minut.

Ia merupakan Satpol PP perempuan terlama sejak disahkannya Kabupaten Minut (2011-2020) rela ikut transisi dari Honorer menjadi Tenaga Harian Lepas (THL) di TUP Sekda sejak 2021 sampai sekarang.

“Dibawa enjoi saja, sambil mengabdi untuk Minut dan atasan, tetap berserah pa Tuhan,” ungkap Yenni.

Yenni Soleman dengan pengalaman kerja di pemerintahan Bertugas di Satpol pp Minut 2011-2022 (sebelas tahun),
5 tahun Aspri Wakil Bupati Yulisa Baramuli, THL TUP Sekda sejak tahun 2021- sekarang, mengaku terpanggil untuk maju ke Pemilihan Calon Hukumtua di tanah kelahirannya Desa Talawaan Bntik Kecamatan Talawaan, 2022 ini.

Pengalaman Geejawi, 2 periode sebagai Penatua Remaja GMIM Bukit Zaitun Talawaan Bantik, 2016 sampai sekarang,
2 periode Sekretaris Remaja Wilayah Wori 2 tahun 2022, dan anggota Pokja KPRS GMIM, telah membakar tekad Yenni agar mencatat sejarah Hukum Tua Talawaan Bantik dari kaum perempuan.

Diketahui, untuk Desa Talawaan Bantik, hukumtua perempuan baru 1x kali (tahun 90an).

Selain terinspirasi dengan hal itu, Yenni melihat betapa perlunya dia maju Pilhut, karena Minut baru saja mendapat penghargaan sebagai Kabupaten yang konsisten dengan perempuan dan anak.

Wanita tangguh yang terinspirasi dengan kiprah mantan Wakil Bupati Minut Yulisa Baramuli, Ketua WKI Adriana Dondokambey dan Rizya Ganda-Davega ini siap bertarung untuk membuat Desa Talawaan Bantik menjadi Desa Penyangga Pariwisata Minut.

“Ijinkan saya berbuat yang terbaik untuk Talawaan Bantik. Jika Tuhan mengijinkan saya terpilih, saya akan mendukung setiap program Pak Presiden, OD-SK dan JGKWL,” ucapnya.

Bahkan, Yenni sudah memasukan berkas ke Sekretariat Pilhut dan diterima langsung oleh sekretaris Pilhut Vialy Rumambi.

(*/Vivi)

 

 

Redaksi Sulut Hebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...